PERANAN PROFESIONALISME SATUAN PENGAWASAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PROFESIONALISME SATUAN PENGAWASAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PROFESIONALISME SATUAN PENGAWASAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) Bandung)
Author: Dewi, Windy Utami
Abstract: Tuntutan akan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) tidak dapat dielakkan lagi, hal ini diperkuat dengan adanya anjuran dari pemerintah untuk menerapkan good corporate governance secara konsisten dan menjadikan prinsip-prinsip good corporate governance sebagai landasan operasionalnya. Agar dapat berjalan dengan baik diperlukannya Satuan Pengawasan Intern yang bertugas membantu direktur utama dalam melaksanakan pemeriksaan intern keuangan dan pemeriksaan operasional serta penilaian pengendalian pengelolaan, pelaksanaannya dan memberikan saran-saran perbaikan. Profesionalisme satuan pengawasan intern merupakan suatu kredibilitas dan kunci sukses dalam menjalankan fungsinya dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Pindad (Persero) Bandung ,dengan masalah yang diteliti (1) apakah profesionalisme satuan pengawasan intern sudah memadai, (2) apakah good corporate governance sudah diterapkan dengan memadai, (3) apakah profesionalisme satuan pengawaan intern berperan dalam menunjang efektivitas good corporate governance. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap sumber data yang akan dianalisis melalui obseravasi langsung, wawancara dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari kuesioner bahwa Profesionalisme Satuan Pengawasan Intern memadai dapat dilihat dari hasil responden yang menyatakan sangat setuju sebesar 17,2%, menyatakan setuju 65,3%, menyatakan ragu-ragu sebesar 13,2%, dan yang menyatakan tidak setuju 4,4%. Penerapan Good Corporate Governance memadai, dapat dilihat dari hasil responden yang menyatakan sangat setuju sebesar 26,3%, menyatakan setuju 57,5%, menyatakan ragu-ragu sebesar 8,4%, dan yang menyatakan tidak setuju 7,7%. Melalui perhitungan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh rs 0,67 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara Satuan Pengawasan Intern dengan Good Corporate Governance dan keduanya mempunyai hubungan yang searah. Dan setelah dilakukan pengujian hipotesis ternyata nilai t hitung (2,552) > t tabel (1,860), sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti hipotesis diterima, Profesionalisme Satuan Pengawasan Intern berperan dalam menunjang efektivitas Good Corporate Governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6967
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.55Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 32.30Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.37Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.74Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.48Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.77Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.09Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 68.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 136.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 107.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 176.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record