PENGARUH PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK PADA BIAYA TENAGA KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi kasus pada Perusahaan “X” di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK PADA BIAYA TENAGA KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi kasus pada Perusahaan “X” di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK PADA BIAYA TENAGA KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi kasus pada Perusahaan “X” di Bandung)
Author: Suardiani, Renofa
Abstract: Pada masa sekarang ini, pajak merupakan pengeluaran yang harus ditanggung oleh wajib pajak tanpa mendapat imbalan secara langsung. Sehingga dalam hal membayar pajak, khususnya perusahaan, berusaha agar dapat membayar pajak semenimal mungkin tanpa melanggar Peraturan Perpajakan yang berlaku. Hal tersebut bernama perencanaan pajak atau tax planning. Tujuan dari perencanaan pajak adalah mengefisiensikan jumlah pajak terhutang melalui penghindaran pajak (tax avoidance) tanpa harus melanggar Peraturan Perpajakan yang berlaku. Salah satu cara perencanaan pajak yang hampir seluruh perusahaan melakukan adalah perencanaan pajak pada biaya tenaga kerja. Dalam hal ini,perusahaan berusaha semaksimal mungkin memperbesar biaya tenaga kerja yang dapat dikurangkan, misalnya dengan memberikan tunjangan kepada pegawainya. Objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari PT. X, khususnya Laporan Laba Rugi. Laporan Laba Rugi yang digunakan adalah 2 (dua) tahun yaitu tahun 2005 dan 2006. yang dibahas dalam Laporan Laba Rugi tersebut adalah besarnya biaya tenaga kerja sebelum dan setelah perencanaan pajak. Bagian yang menjadi pokok bahasannya adalah seberapa besar penghematan yang dialami oleh PT. X setelah melakukan perencanaan pajak. Dengan pokok bahasan tersebut, dalam penelitian ini diambil hipotesis yaitu, “Terdapat pengaruh yang signifikan antara perencanaan pajak pada biaya tenaga kerja wajib pajak badan terhadap profitabilitas perusahaan.” Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data laporan keuangan tahun 2005 dan tahun 2006 dan data-data yang lainnya, serta melakukan wawancara terhadap staf-staf yang bekerja di bagian pajak. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif, dengan menggunakan statistik parametrik (uji beda), yang kemudian dilakukan uji hipotesis (uji t). Uji hipotesis dimaksudkan untuk mengetahui apakah kebijakan untuk dilakukannya perencanaan pajak pada biaya tenaga kerja tersebut dapat memberi penghematan pajak yang signifikan kepada perusahaan. Berdasarkan uji beda dan uji t dalam tingkat signifikan (a) 0.05 atau tingkat kepercayaan 95 %, dapat dibuktikan bahwa penerapan perencanaan pajak pada biaya tenaga kerja tersebut dapat memberikan penghematan pajak yang signifikan. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penghematan yang didapat oleh perusahaan dalam bentuk profitabilitas adalah adanya penurunan tingkat profitabilitas sebesar 1,24 % untuk tahun 2005 dan 1,13 % untuk tahun 2006. Hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan, sehingga PPh terhutang yang harus dibayar oleh perusahaan juga menjadi lebih kecil.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6960
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 188.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 123.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 128.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 123.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 119.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 92.01Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 91.94Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 276.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 173.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 246.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 176.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 93.19Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record