PENGARUH SIKAP PROFESIONALISME DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN ( Survey pada Beberapa KAP )

Widyatama Repository

PENGARUH SIKAP PROFESIONALISME DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN ( Survey pada Beberapa KAP )

Show full item record

Title: PENGARUH SIKAP PROFESIONALISME DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN ( Survey pada Beberapa KAP )
Author: Safitri, Nugraheni Nur
Abstract: Audit adalah jasa profesi yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik dan dilaksanakan oleh seorang auditor yang sifatnya sebagai jasa pelayanan. Untuk dapat mempertahankan kepercayaan dari klien dan dari pemakai laporan keuangan lainnya, akuntan publik dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai. Sikap profesionalisme menjadi syarat utama bagi seorang yang ingin menjadi seorang auditor eksternal. Untuk menjalankan perannya yang menuntut tanggung jawab yang semakin luas, auditor harus memiliki wawasan yang luas agar dapat banyak memperoleh informasi, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang bisa didapatkan dari pengalaman, pengalaman yang memadai dijadikan dasar oleh auditor untuk memberikan pertimbangan tingkat materialitas dalam proses pengauditan. Keputusan auditor dalam melakukan pertimbangan materialitas laporan keuangan dipengaruhi oleh dua faktor penting yaitu sikap profesionalisme dan pengalaman yang dimiliki auditor dalam melakukan tugas auditnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap profesionaisme dan pengalaman auditor terhadap tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Analitis dengan pendekatan survey dimana responden yang menjadi sampel adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Objek dalam penelitian ini adalah sikap profesionalisme (X1) dan pengalaman (X2) sebagai variabel independen serta tingkat materialitas (Y) sebagai variabel dependen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil kuesioner secara keseluruhan menunjukkan bahwa auditor memiliki sikap profesionalisme berada pada kategori baik. Hal ini di buktikan dengan skor total sebesar 1356 atau jumlah persentase sebesar 79,76%, dan pengalaman auditor juga menunjukkan nilai pada kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan skor total sebesar 809 atau jumlah persentase sebesar 79,31%. Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh nilai R sebesar 0, 581. Karena nilai R berada diantara 0,40-0,599 maka hubungan Sikap Profesionalisme dan Pengalaman dengan Tingkat Materialitas dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan dapat dikatakan cukup kuat. Sikap Profesionalisme dan Pengalaman Auditor berpengaruh terhadap Tingkat Materialitas dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan sebesar 33,7%, sedangkan sisanya sebesar 66,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil yang diperoleh bahwa Sikap Profesionalisme dan Pengalaman secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap tingkat materialitas dimana F hitung (7,893) > F tabel (3,305), dan secara individual sikap profesionalisme memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat materialitas dimana t hitung (3,971) > t tabel (2,040), sedangkan pengalaman memberi pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap tingkat materialitas dimana t hitung (0,528) < t tabel (2,040).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6955
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.62Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 197.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 156.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 118.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 98.89Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 164.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 397.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 556.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 827.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 195.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record