PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT.Bamitex Karya Abadi, Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT.Bamitex Karya Abadi, Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT.Bamitex Karya Abadi, Bandung)
Author: Firdaus, Miftahul
Abstract: Penelitian ini ditekankan pada permasalahan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan berperan dalam menunjang efektivitas Pengendalian Internal Penjualan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan yang memadai dalam menunjang efektivitas Pengendalian Internal Penjualan. Aktivitas penjualan memegang peranan penting dalam perusahaan, karena dari aktivitas inilah akan terbentuk pendapatan yang akan digunakan dalam melaksanakan rencana yang ditetapkan. Oleh karena itu aktivitas penjualan perlu dikendalikan agar hasil yang diharapkan dapat mencapai target yang ditentukan. Dalam penulisan skripsi ini, penulis memilih PT. Bamitex Karya Abadi sebagai objek penelitian. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai “ Peranan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dalam menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan, “ dimana penulis menarik sebuah hipotesisi, yaitu „Sistem informasi akuntansi yang diterapkan dan dijalankan secara memadai dapat menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan, yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara dan kuesioner mengenai objek yang sedang diteliti. Sedangkan data skunder diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil pembahasan yang penulis peroleh menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan yang diterapkan PT. Bamitex Karya Abadi telah berperan menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Sekaligus membuktikan bahwa hipotesis yang penulis kemukakan diatas dapat diterima. Dalam pembahasan penulis mengemukakan beberapa kelemahan baik dalam penerapan sistem informasi akuntansi penjualan maupun pengendalian internal penjualan. Namun kelemahan tersebut tidak terlalu besar pengaruhnya bagi kelancaran aktivitas penjualan PT. Bamitex Karya Abadi, sehingga dapat ditarik kesimpulan sistem informasi akuntansi penjualan telah diterapkan secara memadai, pengendalian internal penjualan telah dilaksanakan secara efektif dan sistem informasi akuntansi penjualan telah berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6953
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.35Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 90.48Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 117.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 227.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 207.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 444.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.13Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record