PERANAN PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENUNJANG KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus Pada PT Perkebunan Nusantara VIII di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENUNJANG KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus Pada PT Perkebunan Nusantara VIII di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENUNJANG KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus Pada PT Perkebunan Nusantara VIII di Bandung)
Author: Meiliana, Leti
Abstract: Terkait dengan rendahnya GCG adalah rendahnya transparansi dalam lingkungan bisnis di Indonesia. Ketidaktransparan ini memungkinkan tumbuh berkembangnya praktik-praktik korporasi yang tidak sehat yang tidak saja merugikan pemegang saham (publik atau minoritas) dan pemerintah, menyulitkan investor atau mitra memperhitungkan dengan cermat kualitas perusahaan mitra atau proyek investasi, meningkatkan premi risiko, dan pada akhirnya juga akan menyuburkan praktik korupsi kolusi dan nepotisme. Penelitian berjudul Peranan Penerapan Prinsip GCG Dalam Menunjang Kinerja Keuangan Perusahaan, (Studi kasus Pada PT Perkebunan Nusantara VIII di Bandung). Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah penerapan prinsip GCG, mengetahui bagaimanakah kinerja keuangan perusahaan dan mengetahui apakah terdapat peranan yang positif dari penerapan prinsip GCG terhadap kinerja keuangan perusahaan. Metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan prinsip Good Corporate Governance di PT. Perkebunan Nusantara VIII telah dijalankan dengan baik.. Hal ini dikarenakan PT. Perkebunan Nusantara VIII telah menyadari arti penting dan peranan penting tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG). Selain itu hasil penyebaran kuesioner menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,90 berada pada interval 3,40 4,19 yang artinya baik dari banyak kelas interval sebesar 5. Kinerja keuangan pada PT. Perkebunan Nusantara VIII dapat dinilai efektif. Hal ini berdasarkan penyebaran kuesioner dengan nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,77 berada pada interval 3,40 - 4,19 dari banyak kelas interval sebesar 5. Peranan Penerapan Prinsip GCG Dalam Menunjang Kinerja Keuangan Perusahaan adalah sebesar 4,06. Hal ini dapat dinilai efektif, karena nilai rata-rata keseluruhan berada pada interval 3,40 - 4,19 dari banyak kelas interval sebesar 5.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6951
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.29Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.33Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 105.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 319.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 153.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 253.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.77Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record