PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA

Widyatama Repository

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA

Show full item record

Title: PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA
Author: Octaviany, Cory Ali
Abstract: Laporan keuangan mencerminkan kinerja suatu perusahaan dan berguna bagi para pemakainya, baik pihak eksternal maupun pihak internal dalam melakukan pengambilan keputusan ekonomi. Parameter yang seringkali digunakan untuk menilai kinerja perusahaan adalah laba yang diperoleh untuk suatu periode tertentu, yang tercermin dalam laporan laba rugi. Suatu perusahaan yang dinilai atau dievaluasi berdasarkan laporan keuangannya akan berusaha agar laporan keuangannya dapat memberikan ‘penampilan’ terbaik bagi para pengguna laporan keuangan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berusaha untuk memoles laporan keuangannya agar terlihat ‘cantik’ dimata pemakai laporan keuangan. Earnings management merupakan tindakan manajemen yang berupa campur tangan dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraannya secara personel maupun untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan bukti empiris apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan go public di Indonesia. Untuk mengidentifikasikan perusahaan yang melakukan praktik manajemen laba digunakan discretionary accruals. Ukuran perusahaan ditentukan berdasarkan log total penjualan. Sampel penelitian berjumlah 100 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2006-2007 dimana pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data field research, studi kepustakaan, dan penggunaan software SPSS (Statiscal Product and Service Solution) versi 11.0. Alat statistik yang digunakan adalah analisis regresi, analisis korelasi, dan analisis determinasi yang digunakan untuk melihat apakah ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Berdasarkan perhitungan dan analisis, diperoleh hasil bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif yang signifikan terhadap praktik manajemen laba.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6939
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.50Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 41.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.68Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.31Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.60Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.33Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 129.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.94Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record