PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA HOTEL (Penelitian pada Hotel Padma Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA HOTEL (Penelitian pada Hotel Padma Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA HOTEL (Penelitian pada Hotel Padma Bandung)
Author: Perdhana, Bisma Satria
Abstract: Audit Internal adalah suatu aktivitas independen, yang memberikan jaminan keyakinan serta konsumsi yang dirancang untuk memberikan suatu nilai tambah serta meningkatkan suatu kegiatan operasional organisasi. Audit internal atas penjualan jasa hotel juga memberikan informasi, pendapat dan rekomendasi-rekomendasi yang dapat dijadikan dasar dalam membantu pengambilan keputusan manajemen untuk meningkatkan pelayanan hotel. Dalam penelitian ini penulis, mengambil judul “Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Jasa Hotel” (Penelitian pada Hotel Padma). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 15 responden pada bagian yang ada hubungannya dengan audit internal di lingkungan Hotel Padma Bandung. Dari hasil penelitian tentang pelaksanaan audit internal atas penjualan jasa hotel yang dijalankan oleh Hotel Padma Bandung sudah memadai, hal ini berdasarkan hasil total jawaban responden secara keseluruhan mengenai peranan audit bahwa yang menyatakan sangat setuju sebesar 29.26%, menyatakan setuju 47.96%, menyatakan ragu-ragu 15.00%, menyatakan tidak setuju 6.48%, dan 1.30% menyatakan sangat tidak setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa audit internal yang dilaksanakan pada Hotel Padma telah memadai dan sesuai dengan teori audit internal. Penjualan jasa hotel yang dilakukan pada Hotel Padma Bandung sudah efektif, berdasarkan hasil total jawaban responden secara keseluruhan mengenai efektivitas penjualan jasa hotel bahwa yang menyatakan sangat setuju sebesar 35.92%, menyatakan setuju sebesar 47.04%, menyatakan ragu-ragu 8.15%, menyatakan tidak setuju 7.78%, dan 1.11% menyatakan sangat tidak setuju. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penjualan jasa hotel yang dilaksanakan pada Hotel Padma telah efektif dan sesuai dengan teori audit internal. Peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan jasa hotel di Hotel Padma Bandung, berdasarkan hasil perhitungan nilai korelasi antara variabel audit internal dengan variabel efektivitas penjualan sewa kamar 0,36. Dengan demikian berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat dikatakan terdapat hubungan yang rendah antara peranan audit internal dengan efektivitas penjualan jasa hotel karena berada pada interval 0,20 – 0.399. Sedangkan audit internal penjualan berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan jasa hotel sebesar 12.96%. Sedangkan sisanya sebesar 87.04% dipengaruhi oleh variabel lain seperti marketing, public relation dan lain-lain. Dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai (1,48) < (1,771), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yaitu “audit internal yang dilaksanakan dengan memadai akan berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan jasa hotel” tidak dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6938
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.89Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 35.61Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.09Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 97.91Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 146.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 218.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.82Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.83Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record