PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Prayuadinan, Adityawardi
Abstract: Masalah gaji dan upah merupakan hal yang kritis dan sensitif karena mencakup jumlah yang materiil. Gaji dan upah merupakan bentuk kompensasi finansiil yang dibayar oleh perusahaan kepada para pegawainya atas jasa yang diberikan oleh para pegawai kepada perusahaan. Untuk menghindari terjadinya kecurangan dan manipulasi dalam pembayaran gaji dan upah kepada karyawan, diperlukan penyusunan dan penggunaan beserta pengendalian anggaran yang cukup baik. Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. Adapun yang menjadi objek penelitiannya adalah peranan anggaran gaji dan upah dalam menunjang efektivitas pengendalian gaji dan upah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penyusunan dan penerapan anggaran gaji dan upah, serta mengetahui peranan anggaran gaji dan upah dalam menunjang efektivitas pengendalian gaji dan upah pada PT PLN (Persero). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap sumber data yang akan dianalisis dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan kuesioner. Dari data yang diperoleh, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dan dianalisis dengan menggunakan rank spearman dan koefisien determinasi. Dengan analisis rank spearman sebesar 0,679, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara anggaran gaji dan upah dengan efektivitas pengendalian gaji dan upah. Untuk koefisien dterminasi sebesar 46% menunjukkan besarnya peranan anggaran gaji dan upah terhadap efektivitas pengendalian gaji dan upah. Selain itu untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, menunjukkan ditolaknya hipotesis nol. Berdasarkan hasil pengujian statistik tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan posotif yang signifikan yaitu sebesar 4,13 antara peranan anggaran gaji dan upah dengan efektivitas pengendalian gaji dan upah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6934
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 75.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 90.01Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 76.31Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 120.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 75.92Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 72.44Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 80.70Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 233.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 276.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 550.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 93.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 89.71Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record