PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT. PINDAD (Persero))

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT. PINDAD (Persero))

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT. PINDAD (Persero))
Author: Sya’ban, Achmad
Abstract: Dengan berkembangnya perusahaan, maka pimpinan perusahaan tidak mungkin lagi mengendalikan perusahaannya sendiri. Pimpinan perusahaan memerlukannya adanya pendelegasian wewenang dan tanggung jawab serta adanya suatu pengendalian internal yang baik dalam struktur organisasi perusahaan. Pada sebagian besar perusahaan, persediaan merupakan unsur aktiva lancar yang terbesar dalam neraca. Persediaan juga merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menunjang kelancaran aktivitas produksi, oleh karenanya persediaan harus dikelola dengan baik. Persediaan yang efektif meliputi pengelolaan persediaan untuk merencanakan dan mengendalikan persediaan. Perencanaan dan pengendalian persediaan mengharuskan adanya suatu rencana yang terkoordinasi dengan baik dan dimengerti oleh semua fungsi. Peranan auditor internal yang ada diperusahaan berada pada posisi yang sangat tepat untuk memberikan jasa yang nyata dalam perencanaan dan pengendalian persediaan. Auditor internal merupakan bagian yang independen dalam perusahaan dimana bertugas menilai dan mengevaluasi aktiviatas-aktivitas perusahaan dan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit internal pada PT. PINDAD (Persero) dan untuk mengetahui seberapa besar peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas pengelolaan persediaan bahan baku. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisa data yang diperoleh. Selain itu juga dilakukan penelitian langsung dilapangan dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan data dari litratur dan referansi atau kepustakaan yang menunjang skripsi ini. Dari semua hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa audit internal PT. PINDAD berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas pengelolaan persediaan bahan baku, dengan demikian hipotesis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6933
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.64Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.11Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.89Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.94Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.15Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 95.76Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.09Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 76.33Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record