PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI TAMBANG YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (survey penelitian pada 10 emiten Industri Tambang yang go public di BEI)

Widyatama Repository

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI TAMBANG YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (survey penelitian pada 10 emiten Industri Tambang yang go public di BEI)

Show full item record

Title: PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI TAMBANG YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (survey penelitian pada 10 emiten Industri Tambang yang go public di BEI)
Author: Utama, Yudhi Tri
Abstract: Dalam melakukan investasi saham sebelumnya investor harus memastikan bahwa investasi yang dilakukan adalah investasi yang tepat. Salah satu alternatif penilaian investasi adalah analisis secara fundamental atau berdasarkan kemampuan perusahaan. Pada penelitian ini salah satu analisis fundamental yang digunakan adalah Earning Per Share dan Price Earning Ratio. Earning Per Share (EPS) merupakan rasio yang menunjukkan berapa besar keuntungan (return) yang diperoleh investor atau pemegang saham per lembar sahamnya. Sedangkan Price Earning Ratio (PER) adalah suatu rasio sederhana yang diperoleh dengan membagi harga pasar suatu saham dengan EPS. Kedua rasio ini merupakan suatu indikator yang biasa digunakan oleh investor untuk memperkirakan kemampuan perusahaan dan return yang akan diterima dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Earning Per Share dan Price Earning Ratio terhadap perubahan harga saham. Objek penelitian ini adalah 10 perusahaan yang bergerak di bidang industri tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa Indonesia Capital Market Directory (ICMD) yang diolah kembali selama kurun waktu 3 (tiga) tahun, yaitu 2007-2009 dan harga saham dari tahun 2006-2007. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Alat statistik yang digunakan berupa regresi, korelasi, dan determinasi. Sedangkan untuk melakukan pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan uji F untuk hipotesis simultan dan uji t untuk hipotesis parsial. Hasil perhitungan korelasi berganda (R) adalah sebesar 0,473 yang masuk dalam kategori sedang (cukup kuat), artinya antara Earning Per Share dan Price Earning Ratio dengan perubahan harga saham terjadi hubungan yang cukup kuat. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,224 atau 22,4% sedangkan 77,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan, EPS dan PER berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa EPS tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham sedangkan PER juga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan harga saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6932
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.30Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 35.52Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.30Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.75Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 39.03Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.97Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.88Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.94Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 169.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 200.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.068Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.28Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.65Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record