PERANAN TINGKAT PEMAHAMAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

PERANAN TINGKAT PEMAHAMAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: PERANAN TINGKAT PEMAHAMAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan Universitas Widyatama)
Author: Soetedjo, Yonathan
Abstract: Penelitian dilakukan di Universitas Widyatama yang berkedudukan di jalan Cikutra No. 204, Bandung. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui “PERANAN TINGKAT PEMAHAMAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN”. Tingkat pemahaman Wajib Pajak mengenai Undang-Undang Perpajakan merupakan suatu faktor yang tidak berwujud (Intangible Factor) dalam kesadaran serta kepatuhan memenuhi kewajiban perpajakan. Kepatuhan memenuhi kewajiban perpajakan secara sukarela merupakan tulang punggung sistem self assessment, dimana Wajib Pajak bertanggung jawab menetapkan sendiri kewajiban perpajakan dan kemudian secara akurat dan tepat waktu membayar dan melaporkan pajaknya tersebut Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah metode deskriptif dengan mengunakan pendekatan survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Summated Rating Method: Likert Scale ( Skala Likert). Untuk analisisnya dilakukan melalui pendekatan metode statistik yaitu dengan korelasi Rank Spearman untuk mengetahui tingkat peranan antara variabel penelitian sebesar 0.658. Unit analisis dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi pada Universitas Widyatama di Bandung. Sampel yang digunakan adalah Staf Yayasan Widyatama, Dosen Widyatama, OB Widyatama dengan 100 kuesioner yang tersebar terdapat 60 kuesioner yang dikembalikan dan siap diolah. Derajat besarnya Peranan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap Penerapan Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan, yang dihitung dengan koefisien determinasi, menunjukkan bahwa Pemahaman Wajib Pajak Orang Pribadi berperan signifikan sebesar 43,29% terhadap Tingkat Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan. Sedangkan berdasarkan Pengujian Hipotesis nilai thitung > ttabel (6.65 > 1,671), Maka terdapat peranan antara tingkat pemahaman wajib pajak orang pribadi dengan tingkat kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6930
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.40Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 72.89Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 71.06Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 126.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 93.03Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 37.22Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 87.07Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 243.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 231.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 545.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 127.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record