PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN SEWA KAMAR (Studi Kasus pada HOTEL PANGHEGAR Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN SEWA KAMAR (Studi Kasus pada HOTEL PANGHEGAR Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN SEWA KAMAR (Studi Kasus pada HOTEL PANGHEGAR Bandung)
Author: Angelina, Silvia
Abstract: Audit internal adalah suatu aktivitas independen, yang memberikan jaminan keyakinan serta konsultasi yang dirancang untuk memberikan suatu nilai tambah serta meningkatkan suatu kegiatan operasional organisasi. Audit internal atas penjualan sewa kamar juga memberikan informasi, pendapat dan rekomendasi-rekomendasi yang dapat dijadikan dasar dalam membantu pengambilan keputusan manajemen untuk meningkatkan pelayanan hotel. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Peranan Audit Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas Penjualan Sewa Kamar” (Studi Kasus pada Hotel Panghegar Bandung)”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 15 responden pada bagian yang ada hubungannya dengan Audit Internal di lingkungan Hotel Panghegar Bandung. Dari hasil penelitian tentang pelaksanaan audit internal atas penjualan sewa kamar yang dijalankan oleh Hotel Panghegar Bandung sudah memadai, hal ini berdasarkan hasil total jawaban responden secara keseluruhan mengenai peranan audit internal bahwa yang menyatakan sangat setuju sebesar 36,00%, menyatakan setuju 48,62%, menyatakan ragu-ragu sebesar 11,78%, tidak setuju 3,27% dan 0,33% menyatakan sangat tidak setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa audit internal yang dilaksanakan pada Hotel Panghegar telah memadai dan sesuai dengan teori audit internal. Penjualan sewa kamar yang dilakukan pada Hotel Panghegar Bandung sudah efektif, berdasarkan hasil total jawaban responden secara keseluruhan mengenai efektivitas penjualan jasa sewa kamar bahwa yang menyatakan sangat setuju sebesar 33,05%, menyatakan setuju 56,24%, menyatakan ragu-ragu sebesar 6,42%, tidak setuju 3,91% dan 0,37% menyatakan sangat tidak setuju. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penjualan jasa sewa kamar yang dilaksanakan pada Hotel Panghegar telah efektif dan sesuai dengan teori audit internal. Peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan sewa kamar di Hotel Panghegar Bandung, berdasarkan hasil perhitungan nilai korelasi antara variabel Audit internal dengan variabel efektivitas penjualan sewa kamar 0,32. Dengan demikian berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat dikatakan terdapat hubungan yang rendah antara peranan audit internal dengan efektivitas penjualan jasa sewa kamar karena berada pada interval 0,20 – 0,399. Sedangkan audit internal penjualan berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan jasa sewa kamar sebesar 10,24%. Sedangkan sisanya sebesar 89,76% dipengaruhi oleh variabel lain seperti marketing, public relation dan lain-lain. Dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai thitung (1,21) < t tabel (1,771), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yaitu ”audit internal yang dilaksanakan dengan memadai akan berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan jasa sewa kamar” tidak dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6923
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 113.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 121.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 122.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 121.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 118.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 140.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 203.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 199.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 251.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 120.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 124.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record