PERANAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Survey pada beberapa BUMN yang berada di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Survey pada beberapa BUMN yang berada di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Survey pada beberapa BUMN yang berada di Bandung)
Author: Gunawan, Omar Salam
Abstract: Topik penelitian ini adalah pelaksanaan Good Corporate Governance pada 10 perusahaan BUMN yang berada di Bandung. Yang menjadi objek penelitian adalah peranan unit audit internal pada 10 perusahaan BUMN yang berada di Bandung dalam menunjang efektivitas pelaksanaan Good Corporate Governance. Efektivitas audit internal akan dapat membantu perusahaan dalam pencapaian tujuannya, karena terdapat dalam definisinya, bahwa audit internal bertujuan membantu seluruh anggota manajemen agar dapat melaksanakan tanggung jawab secara efektif, dengan jalan memberikan analisis, penilaian, rekomendasi, saran, dan keterangan dari operasi perusahaan yang diperiksanya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan audit internal perusahaan, untuk mengetahui bagaimana penerapan Good Corporate Governance perusahaan, untuk mengetahui bagaimana peranan audit internal terhadap efektivitas pelaksanaan Good Corporate Governance. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Data primer diperoleh penulis dari hasil wawancara dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh penulis melalui literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti sebagai landasan teori. Pelaksanaan audit internal yang terkait dengan Good Corporate Governance apabila laporan audit yang dihasilkan sudah akurat, objektif dan tepat waktu sehingga dapat menunjang pelaksanaan GCG. Laporan hasil audit juga digunakan oleh direksi sebagai acuan untuk membantu pelaksanaan GCG yang efektif. Berdasarkan perhitungan korelasi Rank Spearman didapat rs 0,927. Dari tabel derajat kebebasan (df) = N – 2 = 10 - 2 = 8, dengan tingkat signifikan α 0,05, diperoleh t tabel sebesar 2,306. Hasil perhitungan koefisien determinasi (kd) adalah sebesar 85,93 %, hal ini berarti audit internal sangat berperan terhadap efektivitas pelaksanaan Good Corporate Governance sebesar 85,93 %. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa t hitung (6,9907) > dari t tabel (2,306), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa audit internal berperan terhadap efektivitas pelaksanaan good corporate governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6917
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 123.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 121.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 124.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 140.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 118.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 111.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 112.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 159.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 316.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 305.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 628.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 124.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 117.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record