PENGARUH PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM (Penelitian dilakukan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termasuk dalam LQ45 di BEI selama tahun 2007 – 2008)

Widyatama Repository

PENGARUH PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM (Penelitian dilakukan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termasuk dalam LQ45 di BEI selama tahun 2007 – 2008)

Show full item record

Title: PENGARUH PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM (Penelitian dilakukan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termasuk dalam LQ45 di BEI selama tahun 2007 – 2008)
Author: Tariq, Nurman
Abstract: Pentingnya informasi laba yang terkandung dalam laporan keuangan dan adanya asimetri informasi antara manajemen (sebagai pihak yang menerbitkan informasi) dengan pihak-pihak pemakai laporan keuangan dapat mendorong manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba (earnings management). Praktik manajemen laba tersebut antara lain dengan cara menaikkan pelaporan laba (income increasing) maupun dengan cara menurunkan pelaporan laba (income decreasing). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi saham yang pengembaliannya tidak normal di sekitar periode pengumuman laba, akibat praktik manajemen laba. Pengujian dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2008 yang termasuk dalam LQ45. Manajemen laba diukur melalui nilai discretionary accrual sebagai indikatornya, dengan menggunakan Modified Jones Model. Sedangkan abnormal return saham diukur dengan menggunakan abnormal return itu sendiri tiap-tiap sekuritas di sekitar periode pengumuman laba. Dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana pada tingkat signifikansi 5%, hasil dari penelitian yang penulis lakukan mengindikasikan bahwa pengaruh praktik manajemen laba (khususnya income increasing & income decreasing) terhadap abnormal return saham yang terjadi jumlahnya sangat sedikit atau tidak signifikan. Hal ini mungkin disebabkan oleh nilai praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan sangatlah kecil atau tidak material, sehingga pengaruhnya terhadap reaksi pasar juga tidak terlalu signifikan. Kemungkinan lainnya adalah adanya faktor-faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap reaksi pasar ketimbang saldo laba yang dilaporkan emiten, misalnya informasi mengenai pengumuman dividen, kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini, kondisi perekonomian secara makro dan global, kondisi politik, dan lain-lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6915
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.32Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.01Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.81Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.84Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.59Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 69.51Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 206.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 137.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 208.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 44.15Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.64Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record