EVALUASI PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)
Author: Abdussalam, Muhammad Taufik
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban yang dilakukan di PT. Pindad telah memadai, sehingga berfungsi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban, sedangkan variabel terikatnya adalah efektivitas pengendalian biaya produksi. Data yang digunakan dalam pengujian diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan di PT Pindad, juga dari hasil studi kepustakaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban yang dilakukan oleh perusahaan telah memadai dan berfungsi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi, yaitu ditunjukkan dengan syarat penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban yang telah terpenuhi, yaitu: 1. Struktur organisasi yang menetapkan secara jelas wewenang dan tanggung jawab tingkatan manajer. 2. Anggaran biaya disusun untuk setiap tingkatan manajemen. 3. Pengelompokan biaya yang sesuai dan yang dapat dikendalikan, tidak dapat dikendalikan oleh manajemen tertentu dalam organisasi. 4. Terdapat susunan kode rekening perusahaan yang dikaitkan dengan kewenangan pengendalian pusat pertanggungjawaban dan sistem akuntansi yang disesuaikan dengan struktur organisasi. 5. Sistem pelaporan biaya kepada manajer yang bertanggung jawab. Selain itu, hasil penelitian ini telah didukung pula oleh hasil dari pengujian dengan menggunakan analisis statistik mengenai penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban di perusahaan, yaitu sebesar 92,72% jawaban responden menunjukan bahwa penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban yang dilakukan oleh perusahaan telah memadai dan berfungsi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6914
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.21Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.84Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.01Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.03Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.30Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.82Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.64Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.17Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 93.40Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 40.38Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.27Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record