ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUK ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus Pada PT Karya Artha Lestari)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUK ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus Pada PT Karya Artha Lestari)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUK ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus Pada PT Karya Artha Lestari)
Author: Megawati
Abstract: Tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penentuan harga pokok produk antara metode konvensional dengan metode activity based costing, manfaat activity based costing, yang diperbandingkan dengan metode konvensional serta bagaimana hasil dari perbandingan tersebut. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan objek penelitian yang sebenarnya dengan cara mengumpulkan data yang relevan, kemudian disusun, diolah, serta dipelajari lebih lanjut melalui pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan untuk mencapai suatu simpulan. Penulis melakukan pembuktian hipotesis dengan menggunakan analisis statistik Paired Sample T-Test. Berdasarkan analisis statistik uji beda berpasangan dan pengujian hipotesis, terdapat perbedaan antara metode konvensional dengan metode activity based costing hal ini ditunjukkan oleh (a) Jasa Washing, mean harga pokok produk metode konvensional adalah Rp. 1.146,20 dan mean harga pokok produk untuk metode activity based costing adalah Rp. 890,60. (b) Jasa Celup, mean harga pokok produk metode konvensional adalah Rp. 2.854,00 dan mean harga pokok produk untuk metode activity based costing adalah Rp. 2.297,00. Mean harga pokok produk untuk jasa washing lebih rendah Rp. 225,60 dari metode konvensional, dan untuk jasa celup lebih rendah Rp. 557,00 dari metode konvensional,.karena perhitungan harga pokok produk dengan metode konvensional memasukkan biaya overhead yang tidak menambah nilai (non value added).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6911
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.86Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 47.67Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 50.70Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.84Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.81Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.71Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 1.365Mb PDF View/Open
Bab 2.pdf 467.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 96.74Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 170.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.12Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record