PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Suatu studi kasus di P.T. Inti (Persero). Jl. Mochamad Toha No.77 Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Suatu studi kasus di P.T. Inti (Persero). Jl. Mochamad Toha No.77 Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Suatu studi kasus di P.T. Inti (Persero). Jl. Mochamad Toha No.77 Bandung)
Author: Siregar, Johannes Kristian
Abstract: Fenomena yang terjadi di perusahaan Indonesia sekarang ini yaitu masih banyaknya perusahaan yang menerapkan prinsip Good Corporate Govermance dikarenakan dorongan regulasi dan menghindari sanksi dibandingkan yang menganggap prinsip tersebut sebagai bagian dari kultur perusahaan (Ignatius Heruwasto, Universitas Indonesia, 2008). Hal ini mengakibatkan tidak maksimalnya penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam perusahaan. Baik buruknya Good Corporate Governance BUMN di Indonesia memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan pengendalian intern pada BUMN tersebut. Penelitian ini berjudul Peranan Pengendalian Intern dalam Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada PT. INTI (Persero). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan pengendalian intern dalam penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada PT. INTI (Persero). metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern berjalan dengan baik pada PT INTI. dengan diterapkannya unsur-unsur pengendalian yang meliputi : lingkungan pengendalian, penaksiran resiko,aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta Pemantauan. Sedangkan prinsip-prinsip GCG yang dilaksanakan pada PT INTI. Sudah efektif diantaranya transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kewajaran. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan antara pengendalian intern dengan penerapan prinsip-prinsip good corporate governance sebesar 0,710. Ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat. Artinya pengendalian intern diterapkan dengan memadai maka Prinsip-Prinsip good corporate governance mengalami peningkatan. Sedangkan jadi dapat disimpulkan bahwa variabel pengendalian intern memberikan peranan sebesar 50,41% atas Prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Sedangkan kontribusi yang diberikan atas faktor-faktor lain terhadap Prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian sebesar 49,86%, antara lain audit internal, manajemen operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern berpengaruh signifikan terhadap penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Goverment pada PT INTI, dari perhitungan statistik uji t, thitung = 5,33 lebih besar dari t tabel = 2,048, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti Pengendalian intern memiliki peranan dalam penerapan prinsip-prinsip good corporate governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6907
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 32.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 31.27Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.48Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 114.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.61Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 112.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 349.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 350.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 314.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 730.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 120.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 196.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record