PERANAN PENGAWASAN INTERN TERHADAP PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi Kasus Pada SMP Negeri di Ibukota Kabupaten Purwakarta)

Widyatama Repository

PERANAN PENGAWASAN INTERN TERHADAP PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi Kasus Pada SMP Negeri di Ibukota Kabupaten Purwakarta)

Show full item record

Title: PERANAN PENGAWASAN INTERN TERHADAP PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi Kasus Pada SMP Negeri di Ibukota Kabupaten Purwakarta)
Author: Herman, Hendi Amrullah
Abstract: Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah merupakan aktivitas yang tak terpisahkan dari pencapaian tujuan sekolah yang diharapkan. Selain sekolah harus mencari sumber-sumber pembiayaan pendidikan, sekolah juga harus mengawasi pengelolaan pembiayaan pendidikan yang dapat meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan disesuaikan dengan karakteristik lingkungan pendidikan. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan pengawasan intern terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah pada SMP Negeri di Ibukota Kabupaten Purwakarta, mulai dari penyusunan anggaran, realisasi penerimaan dan penggunaan pembiayaan, pembukuan, sampai kepada pelaporan dan pertanggungjawaban dana bantuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal, karena terdapat variabel yang dihubungkan yang bersifat sebab akibat. Lokasi yang dijadikan penelitian adalah SMPN 2 Purwakarta, SMPN 3 Purwakarta, SMPN 4 Purwakarta, SMPN 5 Purwakarta, SMPN 6 Purwakarta, SMPN 7 Purwakarta, SMPN 8 Purwakarta, dan SMPN 9 Purwakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi dan melakukan pengisian instrument penelitian kepada Kepala Sekolah, Wakasek (Sarana, Kurikulum, Kesiswaan), Komite Sekolah dan Bendahara/Pemegang Kas. Peranan pengawasan intern terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah sangatlah kuat teruji dari hasil analisis korelasi product moment yang menunjukkan korelasi yang signifikan untuk tingkat kesalahan 5% diperoleh angka 0,614 (nol koma enam ratus empat belas), dimana didapat r hitung lebih besar dari r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besarnya peranan pengawasan intern terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah pada SMP Negeri di Ibukota Kabupaten Purwakarta diperoleh sebesar 0,377 (37,70%). Dari hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa terdapat peranan yang signifikan antara anggaran pengawasan intern terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah pada SMP Negeri di Kabupaten Purwakarta. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar pelaksanaan pengawasan interm haruslah memakai standard dan prosedur yang benar dan jelas agar transparansi keuangan terlaksana dengan baik, serta penyusunan anggaran BOS harus cukup realistis, sehingga realisasi pengeluaran biaya tidak melampaui kredit anggaran yang telah ditetapkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6904
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 115.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 97.23Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 123.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 109.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 89.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 173.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 216.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 235.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 479.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 138.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record