HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN DAERAH DENGAN BESARNYA BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah di Kabupaten Purwakarta)

Widyatama Repository

HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN DAERAH DENGAN BESARNYA BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah di Kabupaten Purwakarta)

Show full item record

Title: HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN DAERAH DENGAN BESARNYA BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah di Kabupaten Purwakarta)
Author: Kurniadi, Endi
Abstract: Pelaksanaan otonomi daerah sebagai implementasi Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan sangat tergantung pada bagaimana daerah tersebut dalam mendayagunakan sumber daya dan dana yang menjadi potensi daerah itu sendiri. Pendapatan Daerah sebagi mesin utama membiayai kegiatan-kegiatan dan pelaksanaan rumah tangga pemerintah, kegiatan masyarakat maupun salah satunya memberikan proporsi belanja modal yang lebih besar untuk pembangunan pada sektor-sektor produktif di daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas mengenai hubungan antara Pendapatan Daerah terhadap besarnya Belanja Modal pada Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dengan data sampel yang diambil selama periode tahun anggaran 2004 sampai dengan 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus dan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut digunakan pengujian dengan analisis regresi dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis regresi dan korelasi menunjukan bahwa hubungan antara Pendapatan Daerah (variable independent) dan Belanja Modal (variable dependent) bersifat searah, dan menunjukan bahwa hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat. Selain itu penelitian uji t ini menunjukan hasil t hitung 2,972 􀂕 t tabel 2,920 hal ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan Daerah dengan besarnya Belanja Modal, dengan kata lain apabila Pendapatan Daerah semakin baik maka Belanja Modal tentu akan meningkat dan begitu pun sebaliknya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6896
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.28Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.88Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.87Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.27Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 93.95Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 94.17Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.13Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.03Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record