ANALISIS FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MENEKAN KEMUNGKINAN TERJADINYA KREDIT MACET (Studi kasus pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kuningan)

Widyatama Repository

ANALISIS FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MENEKAN KEMUNGKINAN TERJADINYA KREDIT MACET (Studi kasus pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kuningan)

Show full item record

Title: ANALISIS FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MENEKAN KEMUNGKINAN TERJADINYA KREDIT MACET (Studi kasus pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kuningan)
Author: Permatasari, Dini
Abstract: Salah satu faktor yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi adalah sektor perbankan. Hal ini disebabkan karena salah satu fungsi utama bank adalah sebagai suatu wahana yang dapat membantu menyediakan dana investasi bagi pembangunan nasional dengan cara mengumpulkan dan menghimpun dana masyarakat lewat tabungan, deposito, dan giro yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pemberian kredit. Dari sekian banyak jasa-jasa yang diberikan oleh bank, yang paling penting dan berpengaruh terhadap perkembangan sebuah bank adalah jasa pemberian kredit. Bidang perkreditan di Indonesia sampai saat ini masih merupakan bidang kegiatan perbankan yang masih mempunyai proporsi pendapatan bunga yang besar dibandingkan kegiatan bank lainnya. Dalam penulisan skripsi ini, yang menjadi objek penelitian bagi penulis adalah fungsi Audit Internal dalam upaya menekan kemungkinan terjadinya kredit macet pada PT BNI (Persero) Tbk Cabang Kuningan. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari fungsi audit internal dalam menekan kemungkinan terjadinya kredit macet. Pada penelitian ini penulis melakukan studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research), penelitian ini merupakan penelitian langsung pada bank BNI untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dengan cara: pengamatan (observation) dan wawancara (interview). Penelitian Kepustakaan (Library Research), penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan landasan teoritis yang dapat dijadikan pedoman di dalam membandingkan antara teori yang di dapat dengan praktik, yaitu dilakukan dengan cara membaca literatur, bukubuku, catatan-catatan kuliah. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Fungsi Audit Internal dapat menekan kemungkinan terjadinya kredit macet pada PT BNI (Persero) Tbk Cabang Kuningan. Hal tersebut terlihat dari data posisi kredit bermasalah atau Non Performing Loan dari tahun 2005 sampai dengan 2007 mengalami penurunan, yaitu pada tahun 2005 sebesar 6,53%, untuk tahun 2006 sebesar 5,34%, dan untuk tahun 2007 sebesar 2,35%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6894
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 32.82Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 39.14Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 48.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 50.77Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.89Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 36.96Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 37.34Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 72.03Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 136.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.20Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 119.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 50.52Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 44.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record