MANFAAT BIAYA STANDAR BAHAN BAKU DALAM EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU (Studi Kasus pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero))

Widyatama Repository

MANFAAT BIAYA STANDAR BAHAN BAKU DALAM EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU (Studi Kasus pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero))

Show full item record

Title: MANFAAT BIAYA STANDAR BAHAN BAKU DALAM EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU (Studi Kasus pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero))
Author: Sinaga, Dermawati
Abstract: Informasi biaya standar bahan baku yang merupakan salah satu unsur biaya produksi sangatlah penting bagi pengendalian biaya bahan baku karena dapat dijadikan tolok ukur yang memadai dalam mengukur biaya bahan baku yang telah dikeluarkan dan memungkinkan manajemen untuk melakukan analisis lebih jauh penyebab terjadinya penyimpangan antara biaya bahan baku sebenarnya dengan biaya standar. Dengan adanya penerapan standar biaya bahan baku dalam pengendalian biaya bahan baku diharapkan efisiensi akan dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan pada suatu perusahaan industri militer dan non militer yang bahan bakunya adalah Ka Clip yakni pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero). Metode penelitian yang dilakukan adalah studi lapangan dengan mengumpulkan data-data melalui wawancara, observasi langsung pada objek penelitian, dan ditunjang oleh hasil jawaban kuesioner yang diajukan kepada orang-orang yang berwenang. Data ini dilengkapi dan dibandingkan dengan studi kepustakaan melalui literatur dan catatan lainnya yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Dari hasil penelitian diketahui bahwa standar biaya bahan baku yang ditetapkan pada perusahaan sudah cukup memadai yaitu ditetapkan oleh orangorang yang mampu dan bertanggung jawab berdasarkan pertimbangan pengalaman masa lalu dan percobaan-percobaan di tempat proses produksi. Demikian pula analisis selisih telah dilakukan setiap adanya pesanan dalam rangka pengendalian biaya bahan baku penerapan biaya standar bahan baku dalam pengendalian sudah memberikan gambaran yang memadai akan tingkat efisiensi kerja. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mencoba memberikan saran yaitu perusahaan harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap para pegawai yang bertugas dalam mengoperasikan mesin dengan cara memberikan pelatihan kerja baik itu kepada pegawai baru maupun pegawai lama agar kerusakan produk dapat ditekan, dan dalam menetapkan standar harga bahan baku perusahaan harus lebih teliti dalam mempertimbangkan faktor eksternal seperti krisis ekonomi dimana fluktuasi harga pasar tidak dapat dikendalikan oleh pihak intern.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6891
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.34Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.91Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.38Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.91Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.03Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.79Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.77Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 96.76Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 62.74Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 83.83Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record