PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENUNJANG TERCAPAINYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN ( Studi kasus pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENUNJANG TERCAPAINYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN ( Studi kasus pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENUNJANG TERCAPAINYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN ( Studi kasus pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) Bandung )
Author: Darlim, Dedi
Abstract: Proses produksi merupakan aktivitas yang sangat penting dalam suatu perusahaan industri, karena keberhasilan dalam aktivitas produksi dapat menunjang keberhasilan fungsi penjualan untuk memperoleh pendapatan bagi perusahaan, sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin. Untuk melaksanakan suatu pengelolaan proses produksi yang baik, perlu disusun suatu sistem proses produksi yang memadai dengan memperhatikan pengendalian. Controller diperlukan oleh perusahaan untuk dapat merancang, memelihara, mengevaluasi, memeriksa jalannya sistem akuntansi, menyiapkan laporan-laporan yang diperlukan pimpinan dan manajemen perusahaan, serta memberikan rekomendasi untuk melakukan tundakan-tindakan perbaikan terhadap penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Oleh karena itu controller berperan cukup penting dalam perusahaan, khususnya dalam pemeliharaan sistem akuntansi perusahaan. Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Peranan Controller dalam Pengendalian Biaya Produksi untuk Menunjang Tercapainya Peningkatan Volume Penjualan”, penelitian dilakukan pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 517 Bandung. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui peranan Controller pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) Bandung 2. Untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian biaya produksi pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) Bandung. 3. Untuk mengetahui peranan Controller dalam pengendalian biaya produksi untuk menunjang tercapainya peningkatan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode analitis, dengan cara mengumpulkan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara serta penyebaran kuesioner. Hasil penelitian tersebut dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang relevan. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian dan kuesioner yang disebarkan mendapatkan hasil perhitungan 71,66%, dengan demikian controller pada Divisi T & C PT PINDAD (Persero) cukup berperan, namun peranan controller dalam pengendalian biaya produksi untuk menunjang tercapainya peningkatan volume penjualan kurang berperan, hal ini dikarenakan terdapatnya penurunan kontribusi penjualan dari tahun 2005 ke 2006 sebesar 5,65%, sehingga hipotesis “Controller Berperan dalam Pengendalian Biaya Produksi untuk Menunjang Tercapainya Peningkatan Volume Penjualan”, tidak dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6888
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 197.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 121.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 151.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 227.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 127.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 121.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 121.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 234.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 255.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 166.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 269.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 129.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 121.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record