PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survei pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survei pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survei pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
Author: Robinson H., Charles
Abstract: Sebagian besar dana yang dibutuhkan dalam proses pembangunan di Indonesia berasal dari sektor pajak. Pajak adalah iuran wajib yang dapat dipaksakan oleh Negara, sehingga kelalaian dalam memenuhi kewajiban perpajakan dapat merugikan Wajib Pajak itu sendiri. Pajak merupakan sumber penghasilan Negara yang memiliki peranan yang sangat penting untuk membiayai pengeluaran Negara, baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran pembangunan. Namun, terkadang Wajib Pajak menghindari untuk membayar dan mendaftarkan dirinya sebagai Wajib Pajak. Berdasarkan uraian diatas pelayanan mengenai hak dan kewajiban Wajib Pajak merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya. Antara lain dalam pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) yang dilakukan sendiri oleh Wajib Pajak (system self assessment) yang merupakan faktor yang akan mempengaruhi tingkat penerimaan pajak sebagai dana pembangunan nasional. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan Pajak KPP Pratama Bandung Karees memberikan dampak positif terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda atau uji t pada tingkat signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pajak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dengan perhitungan Rank Spearman didapatkan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,586 dan nilai koefisien determinasinya (Kd) adalah sebesar 34,34 %. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 6,509 > 1,664, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa Kualitas Pelayanan Pajak memiliki pengaruh positif yang signifikan tehadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6885
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.06Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.29Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.20Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.74Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.58Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.63Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.36Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.58Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.16Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 94.91Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 87.60Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.44Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record