STUDI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI ( Studi kasus pada PT. Multi Garmen Jaya)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI ( Studi kasus pada PT. Multi Garmen Jaya)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI ( Studi kasus pada PT. Multi Garmen Jaya)
Author: Bobby
Abstract: Pada PT Multi Garmen Jaya, biaya produksi merupakan salah satu konsekuensi logis dari aktivitas proses produksi perusahaan yang mempunyai kecenderungan untuk selalu meningkat seiring dengan perkembangan aktivitas perusahaan. Namun seiring besar dan kompleksnya perusahaan, saat ini PT Multi Garmen Jaya menghadapi masalah yang cukup serius dimana biaya produksi di perusahaan tersebut terus meningkat dan sangat sulit untuk di kendalikan. Oleh karena itu, peningkatan biaya produksi ini perlu diikuti dengan pengendalian dan perencanaan yang harus selalu diawasi dan dikendalikan dengan baik, sehingga pada akhirnya akan diperoleh biaya produksi yang efisien dan efektif dalam pelaksanaan aktivitas proses produksi perusahaan. Agar suatu proses produksi dapat dikendalikan dan direncanakan dengan baik maka diperlukan suatu perencanaan biaya produksi yang disusun dan ditetapkan. Untuk itu biasanya digunakan anggaran yang dapat berfungsi sebagai alat perencanaan dan pengendalian. Penulis dalam penelitian ini, memberikan sebuah gambaran mengenai penerapan anggaran pada PT. Multi Garmen Jaya yang terletak di Jl. Kerawang no.1 Bandung, dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efesiensi dan efektivitas penyusunan dan penerapan anggaran biaya produksi sebagai alat bantu pengendalian. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif analisis yang bersifat menemukan fakta disertai analisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari. Pendekakan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan studi kasus, penelitian lapangan, wawancara, dan penelitian kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka secara garis besar dapat disimpukan bahawa penerapan anggaran biaya produksi dalam mengefektifkan biaya produksi pada PT. Multi Garmen Jaya sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari analisis selisih yang dilakukan. Disini dapat dilihat bahwa penyimpangan yang terjadi masih dalam dalam batas toleransi yang ditetapkan perusahaan yaitu sebesar 9% dari anggaran yang ditetapkan. Tidak ada penyimpangan yang melebihi batas toleransi, Hal ini menunjukan bahwa anggaran biaya produksi yang memadai berfungsi sebagai alat pengendalian biaya produksi. Mekipun demikian masih terdapat kelemahan, antara lain; anggaran biaya overhead pabrik tidak disusun berdasarkan departemen yang ada pada bagian departemen produksi dan tidak ada pemisahan antara biaya tetap dan biaya variabel, serta anggaran biaya produksi hanya disusun bersarkan produk dan tidak di ukur berdasarkan model.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6875
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.70Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.87Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.79Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.30Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 38.50Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.95Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.89Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 52.79Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 157.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.54Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.78Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record