PERANAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN ( Studi kasus pada PT Kimia Farma Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN ( Studi kasus pada PT Kimia Farma Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN ( Studi kasus pada PT Kimia Farma Bandung )
Author: Purata, Ashari
Abstract: Aktivitas penjualan merupakan salah satu kegiatan yang penting di dalam perusahaan karena merupakan sumber pendapatan terbesar. Oleh karena itu apabila terjadi pengelolaan yang kurang tepat atau tidak efektif akan mengurangi pendapatan perusahaan. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyimpangan maka diperlukan sistem pengendalian manajemen yang dapat membantu manajemen dalam mengawasi pelaksanaan pengendalian intern dalam aktivitas perusahaan khususnya kegiatan penjualan. Dalam pelaksanaan kegiatan penjualan tidak cukup hanya mengandalkan kebijakan dan pengendalian intern saja, tetapi harus dengan bantuan dari sistem pengendalian manajemen yang dapat mengukur sejauh mana ketaatan pelaksanaan penjualan, sehingga manajemen dapat memperbaiki kelemahan atau kekurangan yang ada berdasarkan laporan hasil pemeriksaan.Audit internal sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam perusahaan yang relatif besar. Berdasarkan uraian tersebut diatas maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul: “peranan sistem pengendalian manajemen dalam menunjang efektivitas kegiatan penjualan”. Penelitian ini dilakukan pada apotek PT kimia farma bandung yang berlokasi Jl.Buahbatu No259 Bandung Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian manajemen pada PT Kimia Farma telah memadai serta bagaimana peranan system pengendalian manajemen dalam kegiatan penjualan pada PT. Kimia Farma Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif, sedangkan teknik penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pengendalian manajemen pada PT. Kimia Farma Bandung sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat dari adanya Perencanaan Strategi (Pemrograman) dan Penyusunan Anggaran, Pelaksanaan dan pengukuran Evaluasi Kinerja. Sistem pengendalian manajemen pada perusahaan PT Kimia Farma Tbk diduduki oleh Satuan Pengawas Intern (SPI). Sistem pengendalian manajemen pada perusahaan ini bertugas untuk mendukung, membantu, memberikan saran kepada setiap karyawan demi kelancaran kerja agar mampu mencapai tujuan perusahaan. Dalam melaksanakan aktivitas nya sistem pengendalian manajemen bersifat indepedensi, dalam arti tidak terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan operasional perusahaan yang dapat mengakibatkan terpengaruhi tingkat indepedensinya. Selain itu seluruh anggota SPI atau sistem pengendalian manajemen disini tidak terkait secara hubungan keluarga langsung dengan direktur utama.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6874
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.68Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 43.56Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.46Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.84Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.19Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 116.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 541.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 183.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 496.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 71.93Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.00Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record