ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS FUNGSI-FUNGSI ORGANISASI DALAM UPAYA MENEKAN JUMLAH TUNGGAKAN PIUTANG USAHA (Studi kasus pada PT Sarana Inti Persada di Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS FUNGSI-FUNGSI ORGANISASI DALAM UPAYA MENEKAN JUMLAH TUNGGAKAN PIUTANG USAHA (Studi kasus pada PT Sarana Inti Persada di Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS FUNGSI-FUNGSI ORGANISASI DALAM UPAYA MENEKAN JUMLAH TUNGGAKAN PIUTANG USAHA (Studi kasus pada PT Sarana Inti Persada di Bandung)
Author: Rahman, Andi
Abstract: Di dalam mengendalikan seluruh kegiatan perusahaan, manajemen perusahaan membutuhkan suatu sistem pengendalian yang dapat mengamankan harta perusahaan, yang dapat memberikan keyakinan bahwa laporan yang dibuat bawahan sebagai bentuk pertanggungjawaban adalah benar dan dapat dipercaya, serta dapat mendorong adanya efisiensi usaha sehingga dapat terus menerus memantau bahwa kebijakan yang telah ditetapkan memang dijalankan sesuai dengan rencana. Piutang usaha adalah salah satu unsur penting di dalam aktiva lancar. Penyelewengan dan kesalahan atas piutang akan mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi perusahaan. Dengan adanya risiko tersebut, diperlukan pengendalian internal sebagai suatu alat yang dapat membantu pemimpin perusahaan dalam mengendalikan tingkat piutang yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Dalam penulisan skripsi ini, yang menjadi objek peneliti bagi penulis adalah pengendalian internal atas fungsi-fungsi organisasi dalam upaya menekan jumlah tunggakan piutang usaha pada PT Sarana Inti Persada di Bandung. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengendalian internal atas fungsi-fungsi organisasi dalam upaya menekan jumlah tunggakan piutang usaha. Pada penelitian ini penulis melakukan studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini merupakan penelitian langsung pada PT Sarana Inti Persadauntuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dengan cara pengamatan (observation) dan wawancara (interview). Penelitian kepustakan (library research), penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan landasan teoritis yang dapat dijadikan pedoman di dalam membandingkan antara teori yang didapat dan praktik, yaitu dengan cara membaca literatur, buku-buku, catatan-catatan kuliah. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengendalian internal atas fungsi-fungsi organisasi dapat menekan jumlah tunggakan piutang usaha pada PT Sarana Inti Persada. Hal tersebut terlihat dari data posisi piutang bermasalah dari tahun 2007 sampai tahun 2008 mengalami penurunan, yaitu pada tahun 2007 sebesar 5,31% dan untuk tahun 2008 sebesar 4,82%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6872
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.28Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 68.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 113.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 84.27Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 69.65Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 69.41Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 170.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 348.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 154.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 207.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.66Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record