SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR DENGAN PERBANDINGAN FUNGSI JARAK (STUDI KASUS : TWITTER INDOSAT DAN TELKOMSEL)

Widyatama Repository

SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR DENGAN PERBANDINGAN FUNGSI JARAK (STUDI KASUS : TWITTER INDOSAT DAN TELKOMSEL)

Show full item record

Title: SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR DENGAN PERBANDINGAN FUNGSI JARAK (STUDI KASUS : TWITTER INDOSAT DAN TELKOMSEL)
Author: Bukhari, Varian Habbie
Abstract: Salah satu jejaring sosial berupa mikroblog yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang adalah Twitter.Twitter biasa digunakan oleh masyarakat untuk bersosialisasi. Selain untuk bersosialisasi twitter biasa digunakan untuk mengemukakan opini produk atau pun jasa . Hal ini dimanfaatkan sebagai acuan para customer untuk mengetahui pendapat orang lain tentang produk atau jasa yang akan digunakan. Sebaliknya bagi produsen dapat digunakan sebagai media pelacak tentang kepuasan pelanggan (Bo Pang, 2008). Opini yang terkandung dalam review bisa berupa opini positif atau opini negatif ,maka dari itu dibutuhkan sebuah mengklasifikasi data . Salah satu pengklasifikasian yang dapat digunakan adalah Text Mining. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah K-NN (K-Nearest Neighbor) dengan membandingkan dua penghitungan jarak yaitu minkowski distance dan City Block distance . Tingkat akurasi dalam penelitian ini dapat di lihat dari tigkat akurasinya . Tingkat akurasi minkwoski distance lebih baik di bandingkan dengan City Block Distance . Setelah di lakukan data pengujian dengan 3 skenario.Karena Minkowski Distance memliki data sesuai lebih banyak di bandingkan dengan City block Distance
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6840
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 132.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 185.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 105.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 224.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.11Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.11Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.30Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 98.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 162.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 457.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 750.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 487.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 574.2Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 221.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record