PENGARUH PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA DINAS PENDAPATAN DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA DINAS PENDAPATAN DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA DINAS PENDAPATAN DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu)
Author: Sakinah, Utami
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan internal pada Dinas Pendapatan Daerah. (2) untuk mengetahui efektifitas kinerja Dinas Pendapatan Daerah. (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan internal terhadap efektivitas kinerja Dinas Pendapatan Daerah. Metode yang dipergunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian data melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data analisis menggunakan analisis korelasi sederhana rank pearson. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa pengawasan internal pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu dikatakan sangat baik dengan nilai rata-rata total dari jawaban kuesioner sebesar 4,36 skor ini berada pada kategori 4,20-5. Dan kinerja pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu juga dikatakan sangat baik dengan nilai rata-rata total dari jawaban kuesioner sebesar 4,30 skor ini berada pada kategori 4,20-5. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Pearson, diperoleh nilai 0,701 artinya hubungan pengawasan internal dengan efektivitas kinerja Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu dapat dikatakan kuat. Berdasarkan koefisien determinasi, besarnya pengaruh pengawasan internal terhadap efektivitas kinerja Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu sebesar 49,10% dan sisanya 50,90% dipengaruhi oleh faktor lainya yang tidak diteliti oleh penulis. Dari perhitungan uji hipotesis, bahwa t hitung = 6,810 lebih besar dari ttabel = 2,011 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka variabel (X) Pengawasan Internal berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) efektivitas kinerja Dinas Pendapatan Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6682
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.57Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 170.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 77.92Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 162.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 87.22Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 73.59Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 66.97Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 65.83Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 193.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 274.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 319.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 596.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 194.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record