PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013)
Author: Setianingrum, Tiara Cahya
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2013 secara parsial dan simultan. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen. Sedangkan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Pengukuran pengungkapan CSR didasarkan pada Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) yang dilihat dari sustainability report perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 492 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indoneia untuk periode 2012-2013. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel menjadi sebanyak 30 perusahaan. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel. Sedangkan, leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Hasil pengujian simultan yang dilakukan membuktikan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai f hitung lebih besar dari nilai f tabel.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6664
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.44Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.066Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 39.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 47.23Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.35Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 31.82Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.94Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 66.62Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 172.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 166.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 212.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.87Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 43.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record