ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Rahim, Siti Rachmalia
Abstract: Sumber daya manusia sebagai pengguna sistem dituntut untuk memiliki tingkat keahlian akuntansi yang memadai atau paling tidak memiliki kemampuan untuk terus belajar dan di bidang akuntansi. Kompetensi sumber daya manusia yang ada di instansi pemerintahan berperan terhadap kualitas laporan keuangan, sehingga pemerintah daerah membuat program atau kebijakan untuk meningkatkan sumber daya manusia. Kota Bandung yang merupakan salah satu ibu kota Jawa Barat yang memiliki potensi begitu besar dan menjadi salah satu pusat perekonomian di negara Indonesia pengelolaan keuangannya masih kurang sesuai dengan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey. Dimana variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari: Kompetensi Sumber Daya Manusia, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer, yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang Pegawai Negeri Sipil Bidang Akuntansi dan Keuangan yang bekerja di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kompetensi sumber daya manusia pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung berdasarkan hasil jawaban responden sudah sangat memadai. Setiap unsur kompetensi, seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap telah dilaksanakan sebaik mungkin sesuai dengan petunjuk, serta mengacu pada prinsip-prinsip Pegawai Negeri Sipil. Kualitas laporan keuangan pemerintah daerah kota Bandung berdasarkan total nilai persentase jawaban dari responden masuk ke dalam kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandung memenuhi criteria relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Analisis kompetensi sumber daya manusia berperan dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6657
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 64.68Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 381.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 291.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 125.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.15Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 170.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 206.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 202.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 347.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 185.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 85.21Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record