PERANAN AUDITOR INTERNAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM MEMINIMALISIR FRAUD PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanin Jabar)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian berjudul Peranan Auditor Internal Dan Sistem Pengendalian Intern Dalam Meminimalisir Fraud Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro pada Bank BRI Kanin Jabar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan Auditor Internal, untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian intern dan untuk mengetahui seberapa signifikan peran auditor internal dan sistem pengendalian intern dalam meminimalisir fraud pemberian kur mikro di Bank BRI Kanin Jabar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif pendekatan studi kasus, yaitu penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini. Pengumpulan data melalui observasi langsung ke instansi yang menjadi objek penelitian untuk memperoleh data serta informasi. Peranan auditor internal dalam meminimalisir fraud pemberian kredit usaha rakyat sudah berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat dengan telah tercapainya peranan auditor internal yang terdiri dari independensi, kemampuan Profesional, lingkup pekerjaan dan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan yang termasuk kategori baik. Namun masih terdapat kekurangan antara lain mengenai belum sepenuhnya ada laporan hasil pemeriksaan auditor kepada inspektur. Peranan Sistem Pengendalian Intern dalam meminimalisir fraud pemberian kredit usaha rakyat sudah berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat dengan telah tercapainya pelaksanaansistem pengendalian intern yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, pengendalian aktivitas, informasi dan komunikasi dan monitoring yang termasuk kategori baik. Namun masih terdapat kekurangan antara lain mengenai membuat voucer jurnal terlebih dahulu ketika akan memeriksa laporan keuangan, memahami buku besar (control account) maupun sub buku besar yang diterapkan oleh perusahaan dan pengawasan aktivitas monitoring yang berjalan sebagai penilaian terhadap kualitas kinerja sistem pengendalian intern. Auditor internal dan Sistem pengendalian intern berperan dalam meminimalisir fraud pemberian kredit usaha rakyat. Dengan demikian semakin baik peranan Auditor internal dan Sistem pengendalian intern maka akan meminimalisir fraud pemberian kredit usaha rakyat.
Description
Keywords
Auditor Internal, Sistem Pengendalian Intern, Fraud, Internal Auditor, Internal Control System, Fraud In The Provision Of Small Loans
Citation