PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus Pada Perusahaan Umum BULOG Divisi Regional Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus Pada Perusahaan Umum BULOG Divisi Regional Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus Pada Perusahaan Umum BULOG Divisi Regional Jawa Barat)
Author: Faridz, Reza Amelia
Abstract: Good Corporate Governance mulai berkembang di berbagai perusahaan baik yang sifatnya publik maupun swasta, Good Corporate Governance (GCG) dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan pemegang saham dalam jangka panjang. Auditor Internal dalam perusahaan berperan penting pada penerapan Good Corporate Governance (GCG), dalam setiap menjalankan tugasnya seorang auditor internal harus mempunyai sikap independensi, kompetensi, dan profesionalisme agar dapat bertanggungjawab dan menjamin setiap tugas yang dilaksanakannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh independensi auditor internal dalam mewujudkan penerapan Good Corporate Governance (GCG), untuk mengetahui pengaruh kompetensi auditor internal dalam mewujudkan penerapan Good Corporate Governance (GCG), untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor internal dalam mewujudkan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan untuk mengetahui pengaruh independensi, kompetensi, dan profesionalisme auditor internal dalam mewujudkan penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada Perusahaan Umum BULOG Divisi Regional Jawa Barat. Metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu (karyawan) bagian Satuan Pengawas Intern (SPI), dan Seksi Hukum/Kepatuhan Perusahaan Umum BULOG Divisi Regional Jawa Barat. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu dengan cara penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 35 karyawan. Pengujian Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa independensi, kompetensi, dan profesionalisme auditor internal mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penerapan Good Corporate Governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6571
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.036Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 44.87Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.39Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.46Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 54.99Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 136.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 162.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 283.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.87Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 34.05Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record