PENGARUH SISTEM INFORMASI KREDIT PENSIUN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus pada Koperasi Serba Usaha Rizky Abadi Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM INFORMASI KREDIT PENSIUN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus pada Koperasi Serba Usaha Rizky Abadi Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM INFORMASI KREDIT PENSIUN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus pada Koperasi Serba Usaha Rizky Abadi Bandung)
Author: Putri, Regina Destiana
Abstract: Kebutuhan masyarakat akan kredit tumbuh dengan pesat, salah satunya kredit pensiun yang masih banyak diminati oleh perusahaan karena minimnya risiko kredit. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa kredit pensiun tidak mengalami resiko, salah satunya disebabakan oleh pengendalian internal perusahaan itu sendiri. Bank Indonesia selaku bank central menetapkan bobot resiko untuk kategori kredit pensiun sebesar lima puluh persen (50%). Hal ini disebabkan karena pihak yang berwewenang memutuskan pemberian kredit harus di seleksi dan dianalisa secara komprehensif sesuai dengan prosedur analisa kredit. Dengan demikian pihak yang berwewenang tersebut membutuhkan sistem informasi yang memadai guna dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi kredit pensiun dan besarnya pengaruh efektivitas pengendalian internal pemberian kredit di KSU Rizky Abadi Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 karyawan di KSU Rizky Abadi Bandung. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan statistical package for social sciences (SPSS) ver. 22.00.Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi kredit pensiun berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal pemberian kredit. Jadi semakin tinggi sistem informasi kredit pensiun, maka semakin tinggi pula efektivitas pengendalian internal pemberian kredit. Sedangkan besarnya sistem informasi kredit pensiun dalam memberikan konstribusi pengaruh terhadap efektivitas pengendalian internal pemberian kredit sebesar 65,4% dan sisanya dijealskan oleh variabel lain diluar penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6569
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.923Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.158Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.09Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.12Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.42Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.00Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.07Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 383.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 121.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 265.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.69Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.32Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record