PENGARUH RASIO EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH RASIO EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH RASIO EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Ningrum, Nining
Abstract: Salah satu tujuan dari otonomi daerah adalah kemandirian keuangan daerah. Kemandirian keuangan daerah menunjukkan kemampuan pemerintah daerah dalam membiayai sendiri kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat yang telah membayar pajak dan retribusi sebagai sumber pendapatan yang diperlukan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio efektivitas pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus terhadap kemandirian keuangan daerah kota Bandung. Data penelitian ini diambil selama lima periode, yaitu antara tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Data ini adalah data sekunder yaitu, data dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah yang berupa laporan realisasi anggaran. Model analisisi yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan uji F, dapat disimpulkan bahwa variabel rasio efektivitas pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian keuangan daerah. Selanjutnya, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel rasio efektivitas pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus berpengaruh signifikan terhadap kemandirian keuangan daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6560
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.04Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.057Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 23.68Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.25Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.45Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.15Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.27Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 256.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 219.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 216.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 348.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 107.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record