PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Bandung)
Author: Fitriany, Nadya Septia
Abstract: Negara Republik Indonesia saat ini sedang memasuki masa pemulihan akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan. Semua pihak termasuk pemerintah mencoba mengatasi masalah ini dengan melakukan reformasi di segala bidang. Agar dapat mengembalikan kepercayaan rakyat kepada pemerintah yaitu dengan mencoba untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Pengawasan intern pemerintah merupakan fungsi manajemen yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Melalui pengawasan intern dapat diketahui apakah suatu instansi pemerintah telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Mengingat fenomena yang terjadi di indonesia pada pemerintah kota adalah kualitas audit yang kurang baik. Oleh karena itu auditor internal sangat diharapkan meningkatkan kualitas audit yang tinggi dengan memiliki independensi dan kompetensi yang sesuai dengan SPAI. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan nomor PER- 211/K/JF/2010, APIP adalah instansi pemerintah yang dibentuk dengan tugas melaksanakan pengawasan intern di lingkungan pemerintah yang dilaksanakan oleh Inspektorat Pemerintah Kota yang bertanggung jawab kepada Walikota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah independensi dan kompetensi auditor internal berpengaruh terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kota Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah independensi dan kompetensi auditor internal sebagai variabel independen sedangkan kualitas audit sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor internal pada Inspektorat Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 auditor internal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square pada taraf signifikansi sebesar 10%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan independensi dan kompetensi auditor internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Peneliti memberi saran agar auditor internal lebih meningkatkan independensi dan kompetensi dalam menjalankan proses auditnya terutama dalam status organisasi, objektivitas, keterampilan, dan pengetahuan memadai di bidang audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6558
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.05Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.14Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.19Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.53Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.64Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 32.20Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.81Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 65.20Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 97.04Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 192.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 227.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record