PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN) (Studi Kasus Pada PT. Bank Bjb Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN) (Studi Kasus Pada PT. Bank Bjb Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN) (Studi Kasus Pada PT. Bank Bjb Bandung)
Author: Yahfi, Muhammad Alfi
Abstract: Kecurangan menggambarkan setiap upaya penipuan yang disengaja, yang dimaksudkan untuk mengambil harta atau hak orang atau pihak lain. Kecurangan seringkali dapat terjadi pada perusahaan. Sehingga perusahaan perlu pengendalian internal yang baik untuk mencegah terjadinya kecurangan. Seperti kasus kecurangan yang ditindak lanjuti auditor internal di Bank Bjb terdapat 2 pegawai internal yang melakukan modus pemohonan kredit untuk 33 perusahaan sebesar 24 milyar namun pencairan dana kredit tersebut tidak dilakukan untuk kepentingan keperluan perusahaan melainkan digunakan untuk membayar utang para tersangka. Manajemen dibantu oleh auditor internal yang professional mengawasi, mengendalikan dan mencegah terjadinya fraud (kecurangan) dalam perusahaan. Profesionalisme pada audit internal merupakan kredibilitas dan kunci sukses dalam menjalankan fungsi dalam suatu perusahaan untuk mencegah terjadinya fraud. Penelitian yang berjudul Pengaruh Profesionalisme Auditor Internal pada PT. Bank Bjb bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari profesionalisme auditor internal terhadap pencegahan kecurangan. Obyek penelitian ini adalah auditor internal dan staff di PT. Bank Bjb. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuisioner dan metode statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah profesionalisme auditor internal berpengaruh secara signifikan terhadap pencegahan kecurangan di PT. Bank Bjb. Pencegahan fraud dapat terjadi jika auditor internal meyakinkan manajemen tentang fraud yang terjadi melalui bukti-bukti yang cukup setelah melakukan audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6548
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.39Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.022Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 158.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.65Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.61Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.07Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.38Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.08Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 115.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 171.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.70Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 42.14Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record