PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BARANG JADI (Studi Kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BARANG JADI (Studi Kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BARANG JADI (Studi Kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)
Author: Bilhaqqi, Muhammad Albar
Abstract: Pengendalian intern persediaan barang jadi sangatlah penting karena persediaan merupakan aset lancar pada perusahaan dan menjadi aktivitas utama dalam perusahaaan. Pengendalian intern persediaan barang jadi perlu diawasi agar tidak terjadi penyelewengan. Agar pengendalian intern berjalan secara efektif dibutuhkan bagian yang mengawasi dan mengevaluasi efektivitas persediaan barang jadi, bagian ini adalah audit internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit internal pada PT Pindad (Persero) dilaksanakan, untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian intern persediaan barang jadi di PT Pindad (Persero). Tujuan tersebut dimaksudkan untuk dapat menjawab peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern persediaan barang jadi pada PT Pindad (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yang merupakan variabel independen dan dependen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling. Dari hasil penelitian bahwa audit internal dikatakan memadai dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern persediaan barang jadi di PT Pindad (Persero) terbukti dengan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 0,832. Audit internal berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian persediaan barang jadi sebesar 69,22%, sedangkan sisanya sebesar 30,78% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Uji hipotesis menyatakan Ha diterima, didapat thitung = 7,93, kemudian dibandingkan dengan ttabel, nilai ttabel diperoleh df = 1.701, tingkat signifikan α untuk uji satu pihak (one tailed test) = 0.05, maka nilai thitung > ttabel (7,93> 1.701) maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu audit internal berperan positif dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern persediaan barang jadi, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6547
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 329.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 195.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 26.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 319.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 356.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 457.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 688.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 213.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 312.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record