PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)
Author: Gifari, Mohammad Rivan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011- 2013. Ukuran perusahaan perusahaan diukur dengan logaritma natural (Ln) dari total aset. Leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan debt to asset ratio (DAR). Profitabilitas dalam penelitian ini diukur menggunakan rasio return on asset (ROA). Kepemilikan institusional dalam penelitian ini diukur menggunakan persentase kepemilikan saham yang dimiliki oleh lembaga lain. Dan manajemen laba dalam penelitian ini diukur menggunakan discretionary accruals (DA). Penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi menggunakan data dari laporan keuangan perusahaan pertambangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2013 sebanyak 81 sampel perusahaan. Dari hasil pengujian secara simultan dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Berdasarkan pengujian secara parsial terbukti bahwa ukuran perusahaan (total aset) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Apabila terjadi peningkatan total aset akan berdampak pada turunnya praktik manajemen laba. Leverage dan profitabiltas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Apabila terjadi peningkatan ROA dan DAR akan berdampak pada naiknya praktik manajemen laba yang dilakukan dalam perusahaan tersebut. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan pertambangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6544
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.957Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 886.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.27Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 298.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 133.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 502.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 483.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 363.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 243.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record