PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP INTENSI MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP INTENSI MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP INTENSI MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung)
Author: Augusta, Larissa
Abstract: Profesionalisme Auditor internal menjadi peran penting bagi pengungkapan pelanggaran di perusahaan. Karena auditor internal yang profesional lebih merasa bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku hingga menimbulkan intensi untuk melakukan whistleblowing. Salah satu temuan pelanggaran auditor internal diantaranya adalah kurang berperannya auditor internal di perusahaan dalam penemuan dan pengungkapan kecurangan. Seperti kasus kecurangan yang pernah terjadi di PT. Kereta Api Indonesia, dengan adanya kecurangan manipulasi laporan keuangan yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Kecurangan tersebut terjadi disebabkan karena adanya perbedaan persepsi mengenai pencatatan piutang yang tidak tertagih dan lemahnya sistem audit internal terdahulu. Manajemen dibantu auditor internal yang profesional seharusnya mampu mengevaluasi dan menindaklanjuti setiap pelanggaran dengan baik karena profesionalisme pada auditor internal merupakan kredibilitas dan kunci sukses dalam menjalankan fungsi dalam perusahaan untuk meminimalisir kecurangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari profesionalisme auditor internal terhadap intensi melakukan whistleblowing. Objek penelitian ini adalah auditor internal dan staf Satuan Pengendalian Intern (SPI) di PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dan metode statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah regresi sederhana. Hasil penelitian ini diketahui bahwa profesionalisme auditor internal berpengaruh secara signifikan terhadap intensi melakukan whistleblowing di PT. KAI, intensi melakukan whistleblowing dipengaruhi oleh pemeriksaan keandalan informasi keuangan, ketaatan karyawan terhadap prosedur dan kegiatan review pelaksanaan setiap pekerjaan dalam perusahaan yang baik sehingga kecurangan mudah terdeteksi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6520
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.37Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.296Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.23Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.60Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 39.14Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.40Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.40Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 313.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 535.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 142.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 164.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.88Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 44.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record