PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, KINERJA KEUANGAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2014)

Widyatama Repository

PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, KINERJA KEUANGAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2014)

Show full item record

Title: PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, KINERJA KEUANGAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2014)
Author: Pratiwi, Laras
Abstract: Pelemahan rupiah merupakan pertanda buruk bagi sejumlah perusahaan di Indonesia. Nilai tukar rupiah hingga 16 Maret 2015 menembus level 13.244 per 1 dolar Amerika Serikat (AS). Penurunan nilai rupiah yang terjadi saat ini mengganggu stabilitas usaha di Indonesia, pasalnya pelemahan nilai tukar rupiah yang tinggi menyebabkan goncangan terhadap pertumbuhan sejumlah perusahaan. Ketidakstabilan nilai rupiah menyebabkan sejumlah perusahaan kehilangan kesempatan investasinya sehingga menjadi kalah saing dalam menarik minat investor. Pelemahan nilai rupiah yang terjadi sejak tahun 2013 menyebabkan bisnis properti dan real estate mengalami penurunan kinerja, pasalnya pelemahan nilai rupiah membuat ongkos konstruksi membengkak, jika ongkos konstruksi membengkak harga jual pun meningkat dan hal ini yang akan mengganggu pasar. Peningkatan beban yang ditimbulkan dari pelemahan nilai rupiah merupakan alasan utama penurunan kinerja perusahaan sekarang ini, namun perusahaan tetap dituntut untuk mampu menutupi kerugian tersebut dan terus menjaga stabilitas usahanya dengan berbagai alternatif yang ada misalnya melalui pembiayaan internal, pembiayaan eksternal, dan juga dengan cara mengeluarkan saham baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesempatan investasi, kinerja keuangan, dan kebijakan utang mempengaruhi nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan properti dan real estate yang listing di bursa efek indonesia dengan tahun penelitian 2010 sampai dengan 2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 38 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 20.0 dimana sebelumnya telah dilakukan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukan kesempatan investasi, kinerja keuangan, dan kebijakan utang secara bersama – sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai kontribusi sebesar 54,9%. Sedangkan secara individual kesempatan investasi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahan, kinerja keuangan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan utang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6519
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 145.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.141Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 173.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 179.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 167.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 166.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 267.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 476.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 355.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 590.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 170.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 190.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record