PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk Periode 2004-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk Periode 2004-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk Periode 2004-2013)
Author: Juwita, Artha
Abstract: Kebijakan dividen pada umumnya dihadapkan pada dua kepentingan yaitu memenuhi kepentingan pemegang saham dalam bentuk dividen atau menjadikan laba ditahan sebagai tambahan modal untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Kebijakan dividen diproyeksikan melalui Dividen Payout Ratio yaitu persentase laba bersih yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para investor. Baik investor maupun managemen perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen yang dapat dianalisis melalui laporan keuangan perusahaan antara lain dengan memggunakan rasio profitabilitas dan rasio likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2004-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory bersifat klausa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik non probabiity sampling dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari tiga perusahaan dengan jumlah pengamatan sebanyak 30 pengamatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis regresi berganda, analisis korelasi, uji t, uji F, dan koefisien determinasi pada tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen sedangkan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Pengujian secara simultan menunjukan hasil bahwa profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan dividen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6486
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.24Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 673.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 179.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 178.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 169.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 429.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 537.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 469.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record