PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Pribadi, Arief
Abstract: Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good government governance), telah mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menerapkan akuntabilitas publik. Bagi pemerintah daerah menjadi suatu keharusan untuk menyusun laporan keuangan yang berkualitas. Masih adanya hasil audit laporan keuangan daerah yang opininya disclaimer dan Wajar Dengan Pengecualian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan daerah tersebut masih memerlukan penyempurnaan secara terus menerus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Penelitian dilakukan pada Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung dengan bagian akuntansi sebagai sampelnya. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode explanatory dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Selain itu secara bersama-sama Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah mampu mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Daerah Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6485
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.065Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 296.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 124.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 193.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.94Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 312.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 364.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 499.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 648.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 203.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 111.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record