PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Survei Pada BUMN Sektor Perbankan dan Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Survei Pada BUMN Sektor Perbankan dan Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Survei Pada BUMN Sektor Perbankan dan Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung)
Author: Muslim, Annur Maemunah
Abstract: BUMN sebagai salah satu pelaku bisnis dalam perekonomian Indonesia, di harapkan dapat melaksanakan perannya secara aktif dalam pengembangan ekonomi nasional guna mewujudkan kemakmuran bagi rakyat. Untuk mewujudkan perekonomian nasional yang baik, BUMN perlu komponen monitoring pengendalian intern yaitu audit internal, mengingat fenomena yang terjadi di indonesia pada BUMN adalah kualitas audit yang kurang baik. oleh karena itu auditor internal sangat diharapkan meningkatkan kualitas audit yang tinggi dengan memiliki profesionalisme dan kompetensi yang sesuai dengan SPAI. kebutuhan audit internal sudah diatur dalam SK Menteri BUMN Nomor kep-117/M-MBU/2002. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profesionalisme dan kompetensi auditor internal berpengaruh terhadap kualitas audit pada perusahaan BUMN Sektor Perbankan dan Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profesionalisme dan kompetensi auditor internal sebagai variabel independen sedangkan kualitas audit sebagai variabel dependen.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor internal pada BUMN sektor perbankan dan sektor industri pengolahan di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah 126 auditor internal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan profesionalisme dan kompetensi auditor internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Peneliti memberi saran agar auditor internal lebih meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dalam menjalankan proses auditnya terutama dalam hal keterampilan berkomunikasi dengan jelas baik lisan maupun tulisan agar dapat mengkomunikasikan temuan audit dengan baik dan sering mengikuti pelatihan auditor sehingga pengetahuan audit bertambah dan dapat menghasilkan kualitas audit yang tinggi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6480
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 70.83Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.034Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 165.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 191.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 188.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.51Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 264.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 402.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 618.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 749.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 259.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record