PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus Pada Hotel Citarum Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus Pada Hotel Citarum Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus Pada Hotel Citarum Bandung)
Author: Sudrajat, Annisa Rijki
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan atas jasa sewa kamar hotel pada Hotel Citarum Bandung. Penjualan merupakan titik pusat bagi suatu perusahaan, karena penjualan merupakan sumber hidup perusahaan. Titik berat aktivitas perhotelan adalah sewa kamar dan merupakan sumber penghasilan utama hotel. Maka dari itu, sistem informasi akuntansi yang baik dapat menunjang efektivitas penjualan, serta meningkatkan efisiensi operasi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan kuisioner, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang digunakan berbentuk prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Variabel yang diteliti adalah sistem informasi akuntansi penjualan dan efektivitas penjualan jasa sewa kamar.Untuk memperoleh data, baik data primer, maupun data sekunder, penulis menggunakan teknik pengumpulan data studi lapangan dan studi kepustakaan yang meliputi penyebaran angket/kuesioner, wawancara/interview, serta pengamatan/observasi. Jumlah keseluruhan responden adalah 10 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah membandingkan antara teori yang dikemukakan sebelumnya dengan hasil penelitian yang dikumpulkan, kemudian dianalisis apakah perusahaan telah menerapkan sistem informasi akuntansi secara memadai sesuai dengan teori atau tidak. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa peranan sistem informasi akuntansi penjualan di Hotel Citarum Bandung dinilai Sistem informasi akuntansi yang diterapkan oleh Hotel Citarum Bandung berperan kuat dalam membantu manajemen meningkatkan efektivitas penjualan jasa sewa kamar. Hasil perhitungan persentase antara sistem informasi akuntansi penjualan dengan efektivitas penjualan jasa sewa kamar menunjukkan nilai sebesar 68%. Persentase ini menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan berperan kuat dalam meningkatkan efektivitas penjualan jasa sewa kamar hotel.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6479
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.80Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.133Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.74Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 222.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 117.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 195.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 317.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 271.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 495.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record