PENGARUH PENAGIHAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH PENAGIHAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH PENAGIHAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
Author: Triani, Anggun
Abstract: Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar penanggung pajak melunasi utang pajak, kepatuhan Wajib Pajak adalah faktor yang penting dalam merealisasikan target penerimaan pajak. Semakin tinggi kepatuhan Wajib Pajak, maka penerimaan pajak akan semakin meningkat, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini berjudul Pengaruh Penagihan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees). Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penagihan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan dan bagaimana pengaruh penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan bentuk penelitian survey. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penagihan Pajak berjalan dengan cukup baik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees, karena nilai ratarata 3,70 Nilai ini berada dalam kelas interval antara 3,20 – 3,70. Hal tersebut menunjukan bahwa Penagihan Pajak yag dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees cukup memadai. Kepatuhan Wajib Pajak Badan dilingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees memiliki tingkat kepatuhan yang cukup tinggi dalam membayar pajak dengan nilai rata-rata 3,68 Nilai ini berada diantara kelas interval 2,60 – 3,39. Hal ini menunjukan bahwa Wajib Pajak Badan pada KPP Pratama Karees menyatakan patuh terhadap kewajibannya Meskipun masih terdapatnya wajib pajak yang belum sadar terhadap kewajibannya. Penagihan Pajak memberikan kontribusi terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 20,8% yang memiliki hubungan yang kuat sebesar 0.016. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung -1,915 ≤ t tabel -2,042 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh negatif antara penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan di KPP Pratama Bandung Karees.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6475
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.84Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 118.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 225.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 232.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 110.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.49Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 251.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 239.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 312.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 318.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 158.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record