PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL(BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi pada PT Bank Negara Indonesia Tbk Periode 2010 – 2014)

Widyatama Repository

PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL(BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi pada PT Bank Negara Indonesia Tbk Periode 2010 – 2014)

Show full item record

Title: PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL(BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi pada PT Bank Negara Indonesia Tbk Periode 2010 – 2014)
Author: Utaminingsih, Indah
Abstract: Kinerja keuangan bank merupakan suatu gambaran kondisi kuaangan bank pada suatu periode tertentu, baik mencakup aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dananya. Penting bagi bank untuk senantiasa menjaga kinerja dengan mengukur tingkat profitabilitas salah satunya Return On Asset. Dalam hal ini Bank Negara Indonesia Tbk memiliki rasio Return On Asset yang berfluktuatif setiap tahunnya, maka dari itu diperlukan untuk mengukur tingkat kesehatan bank. Alat ukur mengukur kesehatan bank tersebut antara lain dengan analisis aspek permodalan dengan Capital Adequacy Ratio, aspek asset dinilai dengan Non Performing Loan, aspek likuiditas dinilai dengan Loan to Deposit Ratio, dan aspek efesiensi dinilai dengan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, dan Biaya Operasional Pendaptan Operasional terhadap Return On Asset pada Bank Negara Indonesia, Tbk periode 2010-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif yang bersifat kausal. Populasi yang digunakan dalan penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Negara Indonesia,Tbk dari mulai go public pada tahun 1996 sampai dengan 2014. Teknik penentuan sampel adalah non probability sampling yang berjumlah 5 tahun. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path), koefisien determinasi, uji t, dan uji f, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Bank Negara Indonesia terdapat Capital Adequacy Ratio,Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, dan Biaya Oprasional Pendapatan Oprasional berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets, hal ini berdasarkan tingkat kenaikan Return On Asset yang berfluktuatif dikarenakan belum tepatnya sasaran dalam menggunakan modal, rendahnya resiko kredit yang dihasilkan, besarnya pengembalian dari penyaluran pinjaman dan penggunaan sistem yang menghasilkan fee base income yang berpengaruh terhadap meningkatnya Return On Asset.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6466
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 77.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.084Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.06Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 30.20Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 30.32Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.43Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 123.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 97.11Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 167.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.81Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record