PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK DAN PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG CIBEUNYING)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK DAN PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG CIBEUNYING)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK DAN PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG CIBEUNYING)
Author: Oktoreza, Handry Noorsaly
Abstract: Pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang paling besar kontribusinya. Salah satu pajak yang merupakan penyumbang terbesar penerimaan negara adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Penerimaan pajak pertambahan nilai setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, tetapi belum diimbangi dengan pencapaian target yang sudah ditentukan. Pemerintah terus melakukan upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak pertambahan nilai, salah satunya dengan dilakukannya pemeriksaan pajak. Setelah pemeriksaan pajak selesai dan wajib pajak masih tidak membayar kekurangan pajaknya, maka akan dilakukan penagihan pajak dengan surat paksa yang merupakan kesempatan terakhir wajib pajak untuk melunasi kekurangan pajaknya sebelum dilakukan penyitaan dan pelelangan harta wajib pajak yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak dengan surat paksa terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikasi. Dimana variabel independen dalam penelitian ini adalah: pemeriksaan pajak (X1) dan penagihan pajak dengan surat paksa (X2). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah: penerimaan pajak pertambahan nilai (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yaitu dengan cara meninjau langsung laporan yang berkaitan dengan variabel penelitian ke KPP Pratama Banung Cibeunying yang dijadikan objek penelitian. Pengujian statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 dari data triwulan I tahun 2010 sampai triwulan IV tahun 2014. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F statistik dengan taraf signifikasi 5%. Hasil pengujian uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai dan penagihan pajak dengan surat paksa terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai. Sedangkan hasil pengujian uji-F menunjukkan bahwa pemeriksaan pajak dan penagihan pajak dengan surat paksa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai, dengan nilai R-square dari model regresi untuk studi 53,8%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6458
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 93.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 992.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 221.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.54Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.77Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 276.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 280.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 355.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 683.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 247.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record