PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK DAN PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG CIBEUNYING)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang paling besar kontribusinya. Salah satu pajak yang merupakan penyumbang terbesar penerimaan negara adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Penerimaan pajak pertambahan nilai setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, tetapi belum diimbangi dengan pencapaian target yang sudah ditentukan. Pemerintah terus melakukan upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak pertambahan nilai, salah satunya dengan dilakukannya pemeriksaan pajak. Setelah pemeriksaan pajak selesai dan wajib pajak masih tidak membayar kekurangan pajaknya, maka akan dilakukan penagihan pajak dengan surat paksa yang merupakan kesempatan terakhir wajib pajak untuk melunasi kekurangan pajaknya sebelum dilakukan penyitaan dan pelelangan harta wajib pajak yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak dengan surat paksa terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikasi. Dimana variabel independen dalam penelitian ini adalah: pemeriksaan pajak (X1) dan penagihan pajak dengan surat paksa (X2). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah: penerimaan pajak pertambahan nilai (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yaitu dengan cara meninjau langsung laporan yang berkaitan dengan variabel penelitian ke KPP Pratama Banung Cibeunying yang dijadikan objek penelitian. Pengujian statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 dari data triwulan I tahun 2010 sampai triwulan IV tahun 2014. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F statistik dengan taraf signifikasi 5%. Hasil pengujian uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai dan penagihan pajak dengan surat paksa terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai. Sedangkan hasil pengujian uji-F menunjukkan bahwa pemeriksaan pajak dan penagihan pajak dengan surat paksa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai, dengan nilai R-square dari model regresi untuk studi 53,8%.
Description
Keywords
Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak dengan Surat Paksa, Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, Tax Audit, Tax billing via forced letter, value added tax revenue
Citation