PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR DAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR DAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR DAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)
Author: Rengganis, Aldienda
Abstract: Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di tahun 2013 dimana BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) menyatakan bahwa masih banyak auditor dalam kantor akuntan publik yang tidak melaporkan temuan pelanggaran pada laporan keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2011 dimana Deputi Gubernur BI bisa saja memasukkan kantor akuntan publik ke dalam daftar hitam (black list), bila terbukti tidak menjalankan tugasnya dengan profesional. Pada tahun yang sama pula terjadi kasus pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dimana peran anggota BPK belum maksimal di setiap melakukan audit. Sehingga kualitas temuan pemeriksaan BPK belum bermakna dalam upaya penyelamatan keuangan Negara. Oleh karena itu timbul masalah dimana opini auditor yang sangat diandalkan ternyata masih meragukan baik dalam pelaksanaan teknis maupun non teknis. Atas dasar itu dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi auditor dan tingkat materialitas terhadap ketepatan pemberian opini audit. Responden dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik yang berada di kota Bandung. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 42 responden yang berasal dari 11 KAP. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi auditor dan pertimbangan tingkat materialitas memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap ketepatan pemberian opini audit baik secara parsial maupun simultan. Dengan kata lain semakin tinggi kompetensi auditor dan pertimbangan tingkat materialitas yang dimiliki oleh auditor, maka semakin tepat opini yang diterbitkan. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Tjandrawinata dan Pudjolaksono (2013), Zu’amah (2009) dan penelitian yang dilakukan oleh Suraida (2005).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6457
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 182.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.051Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 260.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 199.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 202.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 175.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 160.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 287.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 669.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 514.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 841.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 115.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 123.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record