PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk)
Author: Radityatama, Gerry
Abstract: Gaji merupakan salah satu komponen biaya terbesar yang dikeluarkan oleh perusahaan, dan rumitnya perhitungan atas gaji, yang disebabkan oleh banyaknya macam-macam tarif yang berlaku di dalam sebuah perusahaan, sehingga kemungkinan adanya pegawai fiktif, jam kerja yang tidak benar, salah mentransfer gaji pegawai atau membayar gaji melebihi jumlah yang seharusnya. Sehingga perlunya pengelolaan yang bersifat preventif dan efektif, dimana salah satu unsur dalam pengelolaan adalah adanya unit di dalam organisasi yang mempunyai kedudukan independen dan unit tersebut adalah internal audit yang melakukan aktivitas audit internal. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian kausal. Data yang digunakan berupa data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada 44 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Serta untuk mengukur besarnya pengaruh ketiga variabel tersebut digunakan analisis koefisien korelasi Rank Spearman dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Audit Internal yang berjalan di PT Telkom Tbk sudah efektif, dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,19. Sedangkan Efektivitas Pengelolaan Gaji termasuk dalam kategori efektif , dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,09. (2) Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi Rank Spearman, baik pengaruh Audit Internal maupun Efektivitas Pengelolaan Gaji adalah bersifat positif. (3) Pengaruh dari Audit Internal terhadap Efektivitas Pengelolaan Gaji adalah sebesar 25,20%,. Untuk dapat menjaga Efektivitas Pengelolaan Gaji PT Telkom Tbk harus tetap menjaga keahlian profesional auditor internalnya dalam pelaksanaan audit internal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6446
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.030Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.35Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 44.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 110.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.51Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 248.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 250.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 391.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 693.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 98.59Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.41Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record