POTENSI PENERIMAAN, EFEKTIFITAS DAN TAX EFFORT PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

POTENSI PENERIMAAN, EFEKTIFITAS DAN TAX EFFORT PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: POTENSI PENERIMAAN, EFEKTIFITAS DAN TAX EFFORT PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)
Author: Kindra, Fitriasma
Abstract: Potensi penerimaan dan efektifitas pajak penerangan jalan bergantung pada daya pajak (tax effort) atau kemampuan masyarakat dalam membayar pajak (ability to pay). Jika masyarakat memiliki kemampuan membayar pajak yang tinggi maka hal ini diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak penerangan jalan Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan potensi penerimaan, efektifitas dan daya pajak (tax effort) pajak penerangan jalan terhadap pendapatan asli daerah Kota Bandung. Sampel yang terpilih adalah pajak penerangan jalan Kota Bandung periode tahun 2008 sampai dengan tahun 2012. Variabel independen dalam penelitian ini adalah potensi penerimaan pajak penerangan jalan, efektifitas pajak penerangan jalan, dan tax effort pajak penerangan jalan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah pendapatan asli daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi linear sederhana, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t dan pengaruh simultan diuji dengan menggunakan uji F dengan program Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 19. Hasil penelitian berdasarkan uji t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara parsial, potensi dan efektifitas pajak penerangan jalan berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah. Penelitian secara parsial juga membuktikan daya pajak (tax effort) dari pajak penerangan jalan tidak berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah. Penelitian secara simultan berdasarkan uji F yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara potensi, efektifitas dan tax effort pajak penerangan jalan terhadap Pendapatan Asli Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6441
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 157.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 230.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 167.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 175.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 408.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 478.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 588.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 181.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 107.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record